Liburan merupakan momen yang dinanti-nantikan oleh banyak orang. Namun, seringkali anggaran menjadi kendala untuk bisa menikmati liburan yang diinginkan. Tapi jangan khawatir, ada banyak destinasi liburan yang ramah anggaran namun tidak kalah menarik. Dengan mengunjungi tempat-tempat ini, Anda bisa menikmati liburan seru tanpa harus menguras dompet. Berikut ini adalah 7 destinasi liburan ramah anggaran yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. Pantai Kuta, Bali

Pantai Kuta merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang terkenal di Bali. Selain memiliki pesona alam yang indah, harga penginapan dan makanan di sekitar Pantai Kuta juga relatif terjangkau. Anda bisa menikmati suasana pantai yang eksotis, bermain di pasir putih, atau berselancar di ombak Pantai Kuta tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

2. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur

Bagi pecinta alam, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Anda bisa menikmati pesona gunung berapi Bromo yang memukau, menjelajahi lahan pasir Tengger yang luas, atau mendaki gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Penginapan di sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga banyak yang terjangkau, cocok untuk backpacker yang ingin menikmati liburan hemat namun seru.

3. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Pulau Komodo terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan serta keberadaan hewan langka, komodo. Bagi Anda yang ingin menjelajahi keindahan bawah laut, Pulau Komodo juga merupakan tempat yang sempurna untuk snorkeling atau diving. Meskipun terletak di ujung timur Indonesia, ada banyak penerbangan dengan harga terjangkau yang menuju ke Labuan Bajo, pintu gerbang menuju Pulau Komodo.

4. Kota Tua, Jakarta

Bagi Anda yang ingin menikmati liburan di tengah kota, Kota Tua Jakarta adalah pilihan yang tepat. Anda bisa menjelajahi bangunan-bangunan bersejarah, seperti Fatahillah Museum dan Museum Wayang, atau berkeliling dengan sepeda ontel. Di kawasan ini juga terdapat banyak pedagang kaki lima yang menjual makanan lezat dengan harga terjangkau.

5. Pulau Weh, Aceh

Jika Anda mencari destinasi pantai yang masih alami dan tidak terlalu ramai, Pulau Weh adalah jawabannya. Anda bisa menikmati keindahan pantai yang masih bersih dan jernih, serta snorkeling di bawah laut yang indah. Penginapan di Pulau Weh juga terjangkau, cocok untuk liburan hemat bersama keluarga atau teman-teman.

6. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di Indonesia yang menjadi salah satu destinasi wisata terkenal. Anda bisa menikmati pemandangan indah danau yang luas, mengunjungi pulau Samosir, atau mengikuti kegiatan budaya Batak. Ada banyak penginapan di sekitar Danau Toba yang ramah anggaran, sehingga Anda bisa menikmati liburan yang menyenangkan tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

7. Gunung Rinjani, Lombok

Bagi pecinta trekking, Gunung Rinjani di Lombok adalah tempat yang tidak boleh dilewatkan. Anda bisa mendaki gunung tertinggi kedua di Indonesia, menikmati pemandangan indah di puncak Rinjani, atau berendam di Danau Segara Anak yang terletak di kawah gunung. Ada banyak paket wisata gunung Rinjani dengan harga terjangkau yang ditawarkan oleh berbagai agen perjalanan.

1. Pantai Kuta, Bali

Pantai Kuta di Bali menawarkan pesona alam yang indah dengan pasir putih dan ombak yang cocok untuk berselancar. Di sekitar Pantai Kuta juga terdapat banyak penginapan dan restoran dengan harga terjangkau.

2. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah surga bagi pecinta alam dan pendaki gunung. Anda bisa menikmati keindahan gunung Bromo, lahan pasir Tengger, dan gunung Semeru yang menjulang tinggi.

3. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Pulau Komodo menawarkan keindahan alam yang spektakuler dengan keberadaan hewan langka, komodo. Anda juga bisa snorkeling atau diving di perairan sekitar Pulau Komodo yang indah.

4. Kota Tua, Jakarta

Kota Tua Jakarta adalah tempat yang tepat untuk menikmati pesona sejarah dan kehidupan kota. Anda bisa menjelajahi bangunan-bangunan bersejarah, museum, atau berkeliling dengan sepeda ontel.

5. Pulau Weh, Aceh

Pulau Weh merupakan destinasi pantai yang masih alami dan tidak terlalu ramai. Anda bisa menikmati pantai yang bersih dan snorkeling di bawah laut yang indah.

6. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba menawarkan pemandangan indah dan kegiatan budaya Batak yang menarik. Anda juga bisa mengunjungi pulau Samosir yang terletak di tengah Danau Toba.

7. Gunung Rinjani, Lombok

Gunung Rinjani adalah tempat yang sangat cocok untuk pecinta trekking. Anda bisa mendaki gunung tertinggi kedua di Indonesia dan menikmati panorama indah di puncak Rinjani.

Dengan mengunjungi destinasi liburan ramah anggaran ini, Anda bisa menikmati liburan yang seru tanpa perlu khawatir tentang biaya. Selamat berlibur!

Share: